Asal Muasal Permainan Domino

Asal Muasal Permainan Domino

Permainan Tile (ubin) nama dahulu yang sekarang sudah berubah menjadi Permainan Domino. Permainan ini menggunakan kartu berbentuk persegi panjang dengan garis membelah bagian tengah yang membuat kartu tersebut mempunyai dua sisi yang sama bagian atas dan bawah.

Kartu di permainan ini berjumlah 28 buah. Kartu-kartu tersebut mempunyai bagian nilai masing-masing, ada yang dua bagian sisinya kosong hingga ada yang dipenuhi dengan bulatan-bulatan berjumlah sama satu sisi yang atas dengan yang bawah yaitu 6/6 dan bagian belakangnya hanya berupa corak yang berdominan warna kuning.

Di zaman dulu permainan domino hanya dimainkan oleh raja karena permainan ini merupakan bentuk persembahan.

Asal Muasal Terciptanya

Mari kita pelajari lebih dalam untuk mengenal asal muasal permainan domino agar kita bisa bermain dengan tingkat skill yang lebih daripada pemain lain yang belum tahu bagaimana asal mulanya sejarah Permainan Domino ini.

Sebenarnya sangat sulit untuk memastikan asal muasal permainan domino, sebab permainan ini sudah lama dimainkan. Permainan domino lebih dikenal jauh di negara Asia dibandingkan di negara Barat. Dan hal tersebut mendukung bahwa asal dari permainan domino ini dari negara Asia.

Memang pada kenyataannya dari semua sumber atau pun versi yang sudah tersebar dimana-mana meyakinkan bahwa permainan domino ini pertama kali diciptakan dan dimainkan di negara China. Dari pernyataan tersebut bisa dibuktikan dari buku yang berjudul “Kumpulan Peristiwa yang Terjadi di Wulin” yang ditulis langsung oleh Zhou Mi. Dalam buku tersebut ada bertuliskan kata Pupai (plakat domino) dan Dadu. Dua kata tersebut merupakan barang yang banyak dijual pada masa pemerintahan Kaisar Xiaozong dari dinasi Song (1162-1189).

Kata ‘domino’ berasal dari bahasa Latin yaitu Dominus yang memiliki arti Tuan Rumah. Kata ini pertama dirujuk ke jenis monastik tudung yang kemudian perpindah ke menyamar berkerudung kostum dengan topeng kecil, lalu ke topeng itu sendiri, dan akhirnya ke salah satu potongan di set domino, yaitu 1 banding 1 ubin. Permainan pindah dari Italia ke Prancis pada awal abad 18 dan menjadi mode. Pada akhir abad ke-18, Perancis juga memproduksi domino teka-teki.

Banyak jenis kartu yang sudah lama digunakan selama berabad-abad diberbagai dunia. Set kartu domino modern pertama kali muncul di Italia pada abad yang ke-18. Namun tidak diketahui secara detail bagaimana berkembangnya menjadi permainan yang menggunakan jenis kartu yang sudah modern itu. Ada kemungkinan bahwa permainan dari China ini dibawa ke Italia oleh seorang misionaris. Set kartu tersebut berisi 7 kartu domino dengan tambahan enam yang mewakili nilai yang dihasilkan dari melempar dadu tunggal.

Domino Eropa memakai kartu yang berbentuk empat persegi panjang yang dua kali lebih lebar dibanding kartu biasa. Ada satu ubin untuk setiap kombinasi dari wajah sepasang dadu yang kosong sesuai adalah melemparkan satu kartu mati, dengan total dua puluh delapan ubin di enam double standar yang sudah ditetapkan. Set lain dengan jumlah yang lebih besar ubin diciptakan dengan sembilan ganda dan ganda dua belas set menjadi eksistensi yang paling umum.

Dari penjelasan diatas kita bisa menyimpulkan bahwa yang namanya sejarah pasti ada kisah rumitnya namun tetap harus ada yang bisa membuktikan sehingga bisa kita ketahui asalnya dulu seperti apa sehingga bisa sampai sekarang berkembang lebih maju.

Demikian artikel ini saya buat, semoga bermanfaat. Terima kasih dan salam sukses.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*